Olahraga Saat Kehamilan

Jenis-Jenis Olahraga Saat Kehamilan Dan Beragam Manfaatnya

Kenali jenis-jenis olahraga saat kehamilan dan beragam manfaatnya untuk bunda dan janin.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia , yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai kesehatan yang akan meliputi seputar “olahraga saat kehamilan”. Jika anda salah satu wanita yang saat ini sedang mengandung, ada baiknya simak olahraga saat kehamilan ini sampai dengan tuntas, karena kami memberikan banyak informasi mengenai jenis olahraga serta manfaat olahraga saat kehamilan.

Olahraga untuk Ibu Hamil tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran sang ibu, namun dengan rutin berolahraga maka akan membantu perkembangan janin menjadi lebih sehat karena mudahnya oksigen yang tersalur dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga menjaga perasaan ibu tetap senang, tidak mudah stress dan tubuh tetap fit. Olahraga juga merupakan cara terbaik untuk ibu hamil dalam mempermudah proses persalinan. Nah, olahraga ibu hamil tentunya berbeda.

olahraga saat kehamilanSelama kehamilan, organ-organ tubuh bekerja dua kali karena sekarang menopang kehamilan. Oleh karena itu, banyak ibu hamil mengalami mudah merasa lelah, sering sakit pinggang, mudah terkena sakit kepala, pusing dan sebagainya. Oleh karena itu disarankan selama kehamilan, ibu hamil untuk tidak melakukan kegiatan berlebih yang dapat membuat ibu hamil kecapaian, sering banyak istirahat bisa membantu ibu hamil melewati hari-harinya. Namun meskipun demikian, bukan berarti ibu hamil bermalas ria, ibu hamil pun perlu berolahraga demi lebih meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan kehamilannya. Tentunya porsi dan jenis olahraga yang dilakukan berbeda ketika ibu tidak sedang hamil.

Banyak manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan ketika selama kehamilan melakukan olahraga. Dengan olahraga bisa membantu memperbaiki mood ibu hamil, lebih nyaman ketika tidur, mengurangi rasa pegal-pegal dan sakit pinggang. Selain itu dengan berolahraga, diharapkan ibu hamil lebih siap ketika menghadapi persalinan, karena memiliki daya tahan dan otot-otot yang sudah terlatih. Dengan olahraga yang rutin selama kehamilan juga akan lebih memudahkan ibu untuk mengembalikan kondisi tubuh pasca melahirkan.

Apa itu Olahraga?

Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Kesehatan olahraga adalah upaya kesehatan yang memanfaatkan olahraga untuk meningkatkan derajat kesehatan. Olahraga merupakan sebagian kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan kebugaran yang diperlukan dalam melakukan tugasnya. Olahraga dapat dimulai sejak usia muda hingga usia lanjut dan dapat dilakukan setiap hari.

Dengan majunya dunia teknologi memudahkan semua kegiatan sehingga menyebabkan seseorang menjadi kurang bergerak (hypokinetic), seperti penggunaan remote kontrol, komputer, lift dan tangga berjalan, tanpa dimbangi dengan aktifitas fisik yang akan menimbulkan penyakit akibat kurang gerak. Gaya hidup duduk terus menerus dalam bekerja (sedentary) dan kurang gerak ditambah dengan adanya faktor risiko, berupa merokok, pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit tidak menular, seperti: penyakit jantung, pembuluh darah, tekanan darah tinggi, kencing manis, berat badan lebih, osteoporosis, kanker usus, depresi dan kecemasan.

Olahraga telah menjadi bagian hidup dari sebagian besar masyarakat Indonesia, baik di kota besar maupun di pelosok pedesaan. Orang yang mempunyai gaya hidup tidak merokok, berolahraga secara teratur, dan melakukan kerja fisik, ternyata berpeluang lima kali lebih tinggi terhindar dari penyakit jantung dan stroke daripada yang bergaya hidup sebaliknya. Faktor kegemukan, kurang gerak, riwayat keluarga terkena penyakit kardiovaskular, serta penyakit diabetes mempunyai risiko terkena penyakit jantung koroner empat kali lebih tinggi dibanding yang tidak menderita diabetes.

Berikut ini Jenis-jenis Olahraga Untuk Wanita Hamil Dan Berbagai Manfaatnya

Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan termasuk untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Namun tidak semua jenis olahraga baik dilakukan oleh ibu hamil. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas berat. Untuk itu, ibu hamil wajib mengetahui olahraga apa saja yang boleh dilakukan saat hamil diantaranya seperti yoga dan gerakan senam ringan.

Jenis-jenis olahraga terbaik untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bermanfaat dan aman dilakukan oleh ibu hamil.

1. Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil

Cara terbaik untuk mengurangi adanya resiko kecelakaan saat hamil adalah dengan berenang. Dengan bantuan tekanan air, anda akan mudah bergerak dan merasa rileks sedangkan dalam waktu yang bersamaan jantung pun akan bekerja lebih sehat.

2. Berjalan

Untuk menjaga fisik supaya tetap fit dan daya tahan tubuh terus terjaga, berjalan merupakan olahraga untuk ibu hamil yang paling baik. Menurut Dr. Rita Bakshi, ahli kandungan di International Fertility Centre, New Delhi dengan berjalan kaki wanita hamil mampu melatih jantung janin agar lebih sehat. Namun, kebanyakan berjalan akan membuat beberapa ibu hamil mengalami masalah dengan kaki bengkak. Untuk itu, dianjurkan berjalan kaki selama tiga hari dalam satu pekan dengan durasi waktu sekitar 30 menit. Jalan kaki juga dapat mengurangi waktu persalinan. Olahraga yang satu ini sangat baik dilakukan pada trisemester ketiga supaya posisi janin masuk ke jalan lahir.

3. Kegel

Melakukan senam kegel sangatlah bermanfaat untuk melatih dan menguatkan otot-otot panggul. Senam peregangan yang satu ini akan membantu anda untuk melakukan persalinan lebih mudah. Tidak hanya itu, senam kegel juga sangat berguna untuk melatih otot di sekitar uretra, rahim, rektum dan juga kandung kemih. Untuk melakukan gerakannya, cukup dengan duduk atau berdiri dengan durasi 3 sampai 10 detik. Lakukan latihan tersebut selama 4 kali sehari.

4. Menari

Olahraga untuk Ibu Hamil selanjutnya adalah dengan menari. Siapa yang tidak suka menari? Menari adalah hal yang menyenangkan yang dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk ibu hamil. Namun, tentu harus menari yang tidak berlebihan dengan memperhatikan kondisi kandungan. Menari santai sambil mengambil dan membuang nafas dapat anda lakukan di waktu senggang karena menari mampu membuat anda jauh lebih rileks dan membantu tubuh melepaskan hormone endorphin supaya anda tetap tenang dan senang.

5. Yoga

Biasanya, ibu hamil rentan dengan kondisi mood yang berubah-ubah, jauh lebih sensitif dan tentunya mudah tegang apalagi saat waktu melahirkan tinggal menghitung beberapa minggu lagi. Yoga dapat menjadi pilihan terbaik anda sebagai olahraga saat hamil bahkan jika kondisi tubuh sedang letih atau tidak fit. Latihan yoga saat hamil tidak membutuhkan energi yang besar seperti olahraga lainnnya karena fungsinya adalah untuk mengurangi ketegangan, melancarkan persalinan dengan otot-otot yang tidak tegang serta meningkatkan mood anda.

6. Senam jongkok

Senam jongkok merupakan senam ibu hamil yang sangat bermanfaat untuk memperkuat otot paha. Otot panggul juga dilatih untuk mudah meregang sehingga akan memudahkan anda dalam menghadapi persalinan nanti. Tentunya senam ini dilakukan saat di trisemester ketiga. Cara melakukannya adalah dengan posisi punggung yang lurus dan perlahan, turunkan badan anda hingga ke posisi jongkok. Lalu, tahan selama 10 detik dan perlahan kembali ke posisi berdiri. Lakukan senam tersebut dengan diulangi beberapa kali sehari.

7. Latihan memiringkan panggul

Dengan memiringkan panggul, maka kekuatan otot perut akan meningkat. Bagi ibu hamil dengan usia kandungan di trisemester ketiga, latihan ini akan membantu meringankan rasa sakit pinggang. Lakukan dengan posisi merangkak dan kepala yang sejajar dengan punggung. Kepala mendongak ke atas dan ambil nafas buang nafas. Latihan ini juga harus dilakukan dengan posisi yang nyaman dan santai. Dengan melakukan latihan tersebut secara rutin setiap hari akan membantu anda mempermudah persalinan.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai olahraga saat kehamilan, semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs https://obatherbaluntukmeningkatkanhormontestosteron.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Olahraga Saat Kehamilan

Iklan